Kamis, 02 November 2017

cerita serta kategorisasi anggrek bulan jawa

salah satu genus jarang dari belukar anggrek ialah anggrek bulan jawa (phalaenopsis javanica) alias dalam bahasa inggris dikenal javan moon orchid. indeks genus javanica berawal dari tutur “java” yang berfaedah “pulau jawa”. pakar anggrek j. j. smith melukiskan anggrek ini buat pertama kalinya pada tahun 1918 menurut ilustrasi antologi j. schuller yang berawal dari garut, jawa barat.

cerita anggrek jawa
anggrek epifit, monopodial atas batang amat cepak serta tertutup oleh daun yang bidang jebab belantara. daunnya bulat telur, bercahaya, kira-kira pipih serta kira-kira beriak, berdimensi jauh 20-25cm serta bidang jebab belantara 7-10 centimeter. anak cabang perbungaan nyaris berdiri, lebih cepak dari daun serta membujur kala bunga tampak, terkadang beranting. jauh anak cabang bunga serta akan buah mendekati 2 meter. bunga yang bangun satu alias dua bunga tiap ketika.
kategorisasi
_kingdom: plantae
__ordo: asparagales
___famili: orchidaceae
____subfamili: epidendroideae
_____tribe: vandeae
______subtribe: aeridinae
_______genus: phalaenopsis
________spesies: phalaenopsis javanica

kediaman serta ilmu lingkungan
tumbuh pada ketinggian lokasi 700-1000 meter dpl di hutan elementer yang lembab serta berair. sempat ditemui di perkebunan kopi.

penyaluran anggrek bulan jawa
tipe anggrek endemik yang cuma bisa dijumpai di jawa barat. cianjur selatan serta garut adalah sebagian tempat tumbuhnya anggrek itu.

status pelestarian
darurat/critically endangered (iucn).
belum tercantum (cites).
belum dilindungi (uu ri).

aksi pelanggengan
dibudidayakan oleh para fans anggrek serta sudah ditanam di bustan besar atap.

arti serta kemampuan
anggrek ini ada kemampuan selaku babon silangan. dipakai selaku babon dari tahun 1978 serta hingga dahulu dahulu tahun 1999, enggak minim dari 74 silangan sudah terbuat dari tipe ini bagus selaku datuk laki-kaki ataupun awewe.

kultur anggrek bulan jawa
anggrek epifit ini menggemari alat tumbuh atas aerasi yang bagus, kebanyakan ditempelkan pada lempeng yang-yang paku. sudah dijumpai tipe yang berbuah putih. corak kelopak serta kekuasaan yang berbercak coklat bersama bibir komponen lagi ungu nyatanya adalah perolehan persilangannya. bawaan ini diduga komersial buat membuahkan hibrida anyar.

memo adendum:
tipe anggrek ini telah amat susah ditemui dihabitat asalnya. walaupun begitu anggrek yang diklaim endemik jawa barat ini, nyatanya lagi bisa dijumpai di alam meskipun telah amat jarang keberadaannya. dari ditemui sebelum tahun 1914, pemungutan dari habitatnya yang amat terbatas itu lalu dijalani tapi pada tahun 1974 dikabarkan sudah ditemui balik.

glosarium:
monopodial = belukar yang pucuk tunasnya tangguh alias kokoh serta membangun batang ahad, alias tumbuhan yang berkelaluan tumbuh berdiri dari tahun ke tahun, contohnya anggrek ahli vanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar